ISIM NAKIRAH DALAM TARKIBAN KALAM

Nakirah sebagai bagian dari muqadimah kalam bahkan lebih banyak susunannya dalam kalam dibanding dengan ma’rifat, oleh karena itu kami akan memberikan sebagian kecil gambaran nakirah dalam susunan kalam, diantaranya adalah :
a. Nakirah dalam Mubtada
Pada dasarnya tidak boleh membuat mubtada dari isim nakirah, dengan alasan supaya menghasilkan faidah, disamping itu derajat mubtada sebagai mahkum ‘alaih, sedangkan mahkum alaih harus pasti. Namun para Ulama Nuhat membolehkan pembuatan mubtada dari isim nakirah, dengan alas an harus menghasilkan faidah dengan kata lain harus ada musawigoh, pengertiannya adalah sesuatu yang membolehkan nakirah menjadi mubtada, diantaranya adalah :
1. Isim nakirah (mubtada) didahului oleh Jar majrur dan dharaf madruf (khabar) kedudukannya sebagai khabar muqadam mubtada muakhar. Contoh عندي نمرة
2. Isim nakirah didahului oleh istifham. Contoh هل فتى فيكم ؟
3. Isim nakirah (mubtada) didahului oleh adat nafyi. Contoh ما خل لنا
4. Mubtada isim nakirah memakai sifat. Contoh رحل من الكرام عندنا
5. Mubtada isim nakirah menjadi ‘amil. Contoh رغبة في الخير خير
6. Mubtada isim nakirah diidlafatkan pada isim nakirah. Contoh عمل بر يزين (I.H. Khudlari Hal:97)
ولا يحوز الأبتداء بالنكرة * ما لم تفيد كعندزيد نمرة .... الخ
b. Nakirah dalam Idlafat
Bentuk nakirah dalam idlafat mempunyai dua pengertian, yaitu :
1. Mudlaf nakirah idlafat terhadap mudlaf ilaih ma’rifat memberikan faidah ta’rif. Yang dimaksud Ta’rif disini adalahما دل على شيئ معين. .Contoh مال زيد
2. Isim nakirah idlafat terhadap nakirah menghasilkan takhshish, takhshish adalah الذي لم يبلغ درحة التعريف . Contoh غلام رحل. .. (I.H. Khudari Juz 2 Hal: 2)
واخصص أولا * أو أعطه التريف بالذي تلا
3. Musnad Ilaih Dengan Isim Nakirah. Kedudukan musnad ilaih adalah mahkum ‘alaih, sedangkan mahkum alaih harus tentu alias ma’rifat tetapi terkadang dibuat dengan bentuk nakirah, hal ini tentunya mempunyai sebab diantaranya ialah:
a. Meperhitungkan seorang, yakni tatkala isim jinis menuju terhadap seseorang yang pasti dengan memakai ciri-ciri yang jelas, contoh:
جاء رجل من أقصى المدينة اي رجل واحد
b. Memperbanyak, yakni menunjukan banyaknya sesuatu, yang tidak membutuhkan terhadap ma’rifat, contoh: أن له لابل
c. Tanwi’, yakni musnad ilah dimaksud dengan warna yang berbeda dari warna-warna yang diketahui, contoh : وعلى أبصاوهم غشاوة أي نوع غريب من الغشاوة
d. Ta’dzim. Musnad ilaih terbuat dari sifat yang terpuji, contoh : عندي رسول
e. Tahqir. Musnad ilah terbuat dari sifat yang tercela, contoh :
عند ملاقة حجام لقني رجل.
f. Dan masih banyak lagi alasan-alasan musnad ilaih dengan isim nakirah. (Jauharul Maknun Hal:70)
4. Membuat Musnad dengan Nakirah. Yang termasuk dengan musnad ialah fi’il, khabar dan maf’ul, adakalanya musnad terbuat dari nakirah dengan alasan, diantaranya ialah:
a. Itba’ terhadap musnad ilaih nakirah kedudukan menjadi sifat, contoh :
حاضر رجل من الكرام
b. Tafkhim, contoh : هدى للمتقين
c. Tahqir, contoh : ما زيد شيئا
d. Musnad tidak diketahui, contoh : زيد شاعر
e. Mutakalim bermaksud umum terhadap musnad, Contoh : زيد شاعر
(Jauharul Maknun hal :102)
Al-Hamdulillahi Rabbil ‘Alamiin…….
DAFTAR PUSTAKA

1. Abi Muhammad ‘Abdullah Jamaluddin Bin Yusuf, Imam., 2004, Audlahul Masalik, Kerajaan Saudi ‘Arabiyah;Dar-el Aththalai’.
2. Al-Akhdlari, Abdurrahman,. Jauharul Maknun, Jiddah:Dar-el Haramain.
3. Al-Khudlari, Muhammad. Syeikh., Hasyiyatul Khudlari, Surabaya;Dar-el Ihya Kutubul ‘Arabiyah.
4. Saeful Mu’Minin, Imam., 2008, Kamus Ilmu Nahwu dan Sharaf, Jakarta;Amjah.

ditulis oleh : Chev el-hakiem
mangkubumi tasikmalaya

0 komentar:

Posting Komentar